happy reading...

hai... terima kasih sudah berkunjung... happy reading... tuliskan komentar juga ya...

Kamis, 23 Juni 2011

terjun payung.... salah siapa???

Bukan, ini bukan tulisan tentang aksi terjun payung yang memacu adrenalin..
Ini lebih dari sekadar memacu adrenalin...benar-benar lebih dari itu..

seminggu ini saya melihat status teman-teman dan adik-adik, dan juga perasaan saya sendiri yang begitu dagdigdug memikirkan nilai semester ini...
semua dirangkum dalam empat huruf
G A L A U
ada yang sudah pasrah karena memang dari awal merasa tidak paham apapun yang diajarkan di tempat kuliah..
ada yang menggerutu karena merasa bisa tapi nilai jeblok...
tapi kebanyakan kaget karena nilainya tidak terduga...
ada yang tiba-tiba dapet D atau E yang belum pernah didapatkan seumur hidup..

Terjun payung IPK siapa yang salah?

Saya pernah dapet nilai D..
D loh D bukan C, parah banget kan...
Alhamdulillah sekarang udah diperbaiki dan dapet A..
Lalu saya berpikir kenapa saya dapet nilai D..
Pertama saya ga bener-bener belajar..
Kedua memang lagi sibuk ngurusin ospek buat mahasiswa baru..
Ketiga kepedean #ngerasadosennyagaakanngasihnilaijelek
Tiga hal itu bener-bener kombinasi yang bagus...

Pas saya ngulang lagi saya belajar dari kesalahan, ternyata mata kuliah yang saya dapet D itu ga terlalu susah, sayanya aja emang ga pernah ngulang pelajaran itu lagi di rumah, sok bisa, dan ga berjuang dengan baik...

Menggerutu, menangis, atau apapun tidak bisa membantu nilai yang terlanjur terjun.. Lalu apa yang harus kita dilakukan??
1. Bersyukur, karena apapun adalah yang terbaik dari Allah, kalau nilainya baik, artinya Allah sayang, cara belajar kita mungkin sudah bagus atau mungkin juga memang sedang hoki (kalau kita ga ngerasa belajar) kalau nilainya jelek, Allah juga sayang.. artinya Allah sedang mencambuk untuk berusaha lebih keras lagi..

2. Coba liat binder ... kosong kah? isikah? kalau kosong artinya semester depan  harus lebih banyak nulis, kalo isi tapi tetep nilai jelek, artinya harus nambah pekerjaan semester depan, yaitu  baca apa yang  ditulis.

3. Liat kurikulum buat semester depan, pilih mata kuliah yang kita banget... yang kita rasa kita bisa survive, yang kita suka, yang sesuai sama minat, karena kata dosen wali saya kalo kita ga suka kita bakal susah untuk konsentrasi di mata kuliah itu.
Gimana kalo ga ada pilihan? "Belajar menyukai dan mencintai", itu jawabannya...

4. Coba deh liat ke belakang, apa kita ngerasa cara belajar kita sudah benar?
Cara belajar itu katanya ada 3 kan visual, auditorial, sama kinestetik, coba disearch di google buat liat ciri-cirinya jadi kita tau diri kita yang mana, dan sesuaikan cara belajarnya....
Tapi.... katanya kalo mengombinasikan berbagai cara penyerapan informasinya lebih banyak..
Tulis hal-hal penting, Baca ulang, usahakan jangan SKS kalo masalah belajar, karna bisa dijamin deh kalo SKS itu gampang masuk gampang juga keluar...
Kalo saya suka banget belajar dikerasin suaranya, atau pake koreografi hehe.. tapi ngaruh juga.. lumayan...

6. Buat target yang tepat buat semester depan, kalo perlu targetkan A semua... tapi jangan cuma jadi target... tempel dimana-mana, supaya dibaca terus, tulisin juga IPK yang sekarang sama IPK yang pengen dicapai di semester depan, yang istiqamah sama usaha... Kalo awalnya semangat harus semangat sampe akhir..

7. Evaluasi cara dan hasil belajar, ya dua minggu sekali atau paling engga sebulan sekali...

8. Kalau ada tugas kerjain dengan maksimal, soalnya lumayan loh tugas bisa ngebantu nilai...misalnya nih nilai 78 kalu tugasnya bagus bisa nambahin nila 2 kan jadi 80 tuh..heeehhee..

9. Yang ga kalah penting (bahkan penting banget) , perbanyak ibadah dan mendekatkan diri sama Allah...
Mintalah pada-Nya.. minta dibukakan hati dan pikiran sebelum belajar, minta selalu diberi kesehatan dan semangat,..

10. Minta doa sama orang tua dan berbuat baik sama orang tua...

Yang lagi sedih, ayo senyum-senyum... buat energi positif...
Kepalkan tangan, katakan, "Saya siap menjadi pribadi yang lebih baik di semester depan!"
Tulisan ini bukan buat ngajarin, tapi buat pengingat saya juga ketika saya lupa atau lagi ga semangat..
Ayo berjuang!!!
yang harus diingat, nilai itu bukan hal paling penting, tapi nilai juga penting untuk menggambarkan pemahaman kita...
Paling bagus kalo nilai bagus dan pemahaman oke..
Belajar bukan untuk nilai, tapi belajar untuk tau dan paham...
Semangat!!!

4 komentar: