happy reading...

hai... terima kasih sudah berkunjung... happy reading... tuliskan komentar juga ya...

Senin, 30 Mei 2011

kapan saya berdoa?

Pagi ini, dua hal yang mengingatkan saya pada kata DOA...
tentunya bukan bis bertuliskan Doa Ibu, dua hal itu adalah:
1) Pagi-pagi saya diminta mengajari adik saya yang paling kecil untuk menghafalkan doa sehari-hari..
2) membaca note teman saya di FB tentang "Doa dan Chanel"...

Doa..
kapan saya berdoa?
apa yang saya lafadzkan dari bibir saya ini saya tau artinya?
Pikiran saya pun melayang..
semasa kecil saya mengaplikasikan doa-doa yang saya pelajari dalam kehidupan...
Akan tidur, bangun tidur, masuk kamar mandi, keluar kamar mandi, akan makan, selesai makan, akan pergi, akan belajar, doa untuk orang tua, doa kebaikan dunia akhirat, doa setelah azan, doa ketika ada petir, dan doa-doa lain...
Sekarang?
Saya mengucapkan istighfar...
Betapa saya kalah dengan diri saya di masa lalu..
Seharusnya sekarang doa itu tetap menjadi bagian hidup saya ditambah dengan saya memahami maksud doa itu...
Tapi apa nyatanya??

Tak hanya itu, saya semakin tertunduk mengingat diri saya yang bak kancil dikejar harimau setelah solat...
ya, seperti kancil yang dikejar harimau, lari cepat-cepat...
sepertinya saya secara tak sadar melakukan 3 asas AT, SolAT, CepAT, LipAt...
Lalu kapan saya berdoa?
1/3 malam kah?
kadang saat ingat... *istighfar...
saya banyak mendamba sesuatu, tapi saya mempersulit diri sendiri dengan tidak berdoa...
lupakah saya kalau saya hanya hamba yang lemah?

kadang terlintas di pikiran saya "orang lain juga gitu kok, solat, cepat, lipat"
seharusnya saya juga berpikir "Siapa tau mereka lebih rajin 'berdua-duan' dengan-Nya di 1/3 malam"
"Siapa tau mereka selalu melafalkan doa tanpa kamu tau"

Saya pun tertunduk...
dan berdoa...
"Duhai Yang Maha Pemberi, beri aku kesadaran untuk meminta pada-Mu lebih banyak dari hari kemarin..."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar